MEMILIH TEMAN BERGAUL

No comments

Sejak dini Rasulallah shallallahu 'alayhi wa sallam berpesan “Jauhilah olehmu teman yang buruk. Karena sesungguhnya engkau akan dikenal dengan keburukannya“ (HR.Ibnu Azakir).

Karena itu hindarilah teman yang buruk, laksana kamu menghindar dari macan. Teman yang buruk itu laksana penyakit menular yang menggiringmu ke neraka Jahannam. Ia melemparkanmu ke sana.

Dan, ia akan menjadi musuh bagimu di hadapan Allah SWT. Dalam Firman-Nya:
“Teman – teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain, kecuali orang – orang yang bertakwa “(Az-Zukhruf (43) : 67)

“Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zalim menggigit dua tangannya seraya berkata. ‘Aduhai, kiranya ( dulu ) aku mengambil jalan bersama –sama Rasul. Kecelakaan bersalah bagiku. Kiranya aku (dulu) tidak menjadikan si Fulan itu teman akrab (ku). Sesungguhnya, dia telah menyesatkan aku dari Al Qur’an, ketika al Qur’an, itu telah datang kepadaku.’ Dan, adalah setan itu tidak mau menolong manusia.” (Al Furqan (25) : 27-29).

Salah satu sumber rezeki yang dianugerahkan Allah swt kepada kita ialah teman yang baik.

Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda:
“Perumpamaan teman yang baik (saleh) dan teman yang buruk bagaikan pembawa minyak wangi dengan peniup api. Pembawa minyak wangi ada kalanya dia memberimu atau engkau membeli darinya atau paling tidak engkau mendapatkan bau yang harum darinya. Sedangkan peniup api (biasanya pada tukang pandai besi), ia bisa membakar pakaianmu atau paling tidak engkau akan mendapatkan bau (pembakaran) yang busuk darinya“ (HR.Bukhari dan Muslim).

Maka, Seorang mukmin senantiasa memberikan manfaat kepada temannya di dunia dan akhirat. Di dunia, ia berkeinginan kuat untuk memberikan manfaat agama dan dunia kepada para saudaranya, dan bertekad kuat untuk menyingkirkan semua mudharat dari saudaranya.

Wallahu ’alam

G+

No comments :

Post a Comment